Sunday, March 6, 2011

Cara Mengatasi Galat HTML pada Blog

Pernahkah anda kaget sehabis mengedit posting lalu muncul gambar seperti ini?


Jika jawabannya ya berarti anda senasib dengan saya. Setelah di coba menyimpannya berkali-kali peringatan galat HTML itu tetap muncul. Karena awam dengan bahasa kode saya sempat pusing tujuh keliling. Padahal ketika saya mengedit posting, seperti mengatur spasi, merubah model, warna dan ketebalan font, dan mengatur perataan gambar dan paragraf, saya tidak pernah mengutak atik kode HTMLnya, kecuali hanya kode readmoremya di awal posting. Tetapi kenapa peringatan galat HTML itu tetap muncul?

Karena penasaran akhirnya saya coba membaca buku-buku dan juga googeling dengan keyword HTML. Tetapi bukannya berhasil malah saya tambah pusing. Pusing karena ternyata bahasa

kode itu sangat rumit bagi saya sebagai pemula blogging. Namun karena tidak bisa mengelak secara bertahap tetap saya pelajari. Hasilnya, hingga posting ini ditulis saya masih belum menguasai. Tetapi ada beberapa prinsip sederhana yang saya pegang dan itu sangat membantu, terutama berkaitan dengan galat HTML posting.

Setiap kode HTML harus ada tag pembuka dan penutupnya (berpasangan). Secara umum beberapa pasang kode sederhana yang sering digunakan dalam HTML posting adalah (warna

biru sebagai kode pembuka dan warna merah sebagai kode penutupnya):

1. Huruf tebal: <b> </b>

2. Huruf miring: <i> </i>

3. Huruf berwarna: <div style="color: blue;"> </div>

4. Penomoran: <ol><li> </li></ol>

5. Bullet: <ul><li> </li></ul>

6. Rata kiri: <div style="text-align: left;"> </div>

7. Rata kanan: <div style="text-align: right;"> </div>

8. Rata center: <div style="text-align: center;"> </div>

9. Rata penuh: <div style="text-align: justify;"> </div>

10. Readmore: <span class="fullpost"> </span>

11. Link: <a href: "http//www. blog-masfreeze.co.cc"> </a>

Nah, itulah pasangan dari setiap kodenya. Diantara kode pembuka dan penutup itulah terletak isinya, baik berupa huruf, angka, gambar maupun alamat link. Jika penulisan kode dan pasangannya tidak lengkap maka peringatan galat HTML akan muncul dan akan tetap muncul selagi belum dibetulkan.


Jika anda mau uji coba, sebagai contoh, bukalah halaman edit posting anda. Kemudian kliklah Edit HTML.


Sekarang tekanlah Ctrl + F pada keyboard lalu tekan enter. Kemudian akan muncul kotak Find. Ketiklah kode pada kotak tersebut dan tekan enter. Nah, akan tampak kode </span> terseleksi dengan warna hijau. Sekarang coba hapus kode </span> tersebut. Lalu kliklah TERBITKAN ENTRI.


Jika posting anda sebelumnya sudah diberi readmore, maka akan muncul galat seperti ini:


Ini artinya pasangan dari kode <span class="fullpost"> telah dihapus, yaitu kode </span> tadi. Agar galat HTML anda bisa diterima, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Cara pertama mengetikkan kembali kode </span> tadi di posisinya semula. Dan cara kedua menghapus kode <span class="fullpost">. Secara sederhana peringatan itu seolah-olah berkata begini: “hadirkanlah kode itu berpasangan, jika tidak hapuslah keduanya!”

Itulah prinsip dasarnya. Dan itu berlaku untuk setiap pasangan kode HTML. Anda bisa cermati setiap terjadi peringatan galat HTML posting tidak diterima, scrollah ke bawah sampai anda temukan kode yang terseleksi dengan warna biru. Itulah kode yang bermasalah. Ceklah pasangannya apakah ada atau tidak? Atau kode itu adalah kode yang berlebih. Artinya bukan lagi <b> berpasangan dengan </b> misalnya, tetapi sudah <b> berpasangan dengan </b> ditambah lagi <b>. Nah kode <b> yang terakhir ini sudah merupakan lebihnya. Untuk mengatasinya anda harus menambah kode </b> satu lagi. Atau mengahapus kode <b> yang terakhir.

Sumber

No comments:

Post a Comment

Thank you for visiting our blog and willing to comment, because your comments are very useful to us. But if you spam, we are sorry because we will remove .....